Sabtu, 08 Januari 2011

LPI Gunakan Juga Wasit Asing

Demi meningkatkan kualitas persepakbolaan nasional, puluhan wasit asing akan dilibatkan dalam Liga Primer Indonesia (LPI). Hal tersebut disampaikan Humas LPI Abi Hasantoso dalam jumpa pers pra-laga di Novotel Solo, Jawa Tengah, Jumat (7/1) petang.

Menurutnya, sekitar 20 wasit asing telah direkrut LPI untuk mengawal pertandingan di Liga Primer. Meski begitu, hal tersebut bukan berarti mengabaikan peran wasit lokal. Wasit lokal yang selama ini masih dianggap mampu menjaga netralitas pertandingan tetap dilibatkan. Seleksi ketat juga akan dilakukan untuk menyaring wasit-wasit lokal.

"Problema yang sering terjadi dalam persepakbolaan di Indonesia adalah netralitas wasit yang selama ini menjadi penghalang berkembangnya sepakbola. Banyak wasit di negeri ini yang kurang bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya hingga merugikan jalannya pertandingan," tutur Abi.

Langkah penggunaan wasit asing ini dinilai positif oleh tim-tim yang akan berlaga di LPI. Menurut mereka, dengan adanya wasit-wasit asing, mereka bisa bertanding dengan lebih nyaman. Terlebih, pihak LPI juga menjamin tak akan mengintervensi wasit dalam menjalankan tugasnya. (CHR/YUS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Tempate Ngobrol


ShoutMix chat widget