Kamis, 06 Januari 2011

Tugas 3 Bahasa Indonesia

KALIMAT TRANSISI
Transisi merupakan mata rantai penghubung antarparagraf yang berfungdsi sebagai penghubung jalan pikiran dua paragraf yang berdekatan. Kata-kata transisional merupakan petunjuk bagi pembaca ke arah mana pikiran pengarang bergerak atau mengingatkan pembaca apakah suatu paragraf baru searah dengan paragraf sebelumnya. Di sisi lain transisi juga berfungsi sebagai penunjang koherensi dan kepaduan antarbab, antaranak bab, dan antarpragraf dalam satu karangan.

Kalimat transisi tak selalu harus ada dalam setiap karangan. Kehadirannya bila dirasa perlu demi kejelasan informasi. Selain itu, kalimat transisi tidak hanya terdapat dalam paragraf, melainkan bisa juga muncul dalam kalimat, antarparagraf, antaranak bab, dan antarbab.

Ada dua cara untuk menghubungkan dua paragraf, yaitu 1) cara implisit, dan 2) cara eksplisit. Hubungan implisit tidak ditandai oleh alat penanda transisi tertentu, namun hubungan antraparagraf masih dapat dirasakan. Sedangkan hubungan eksplisit dinyatakan oleh penanda transisi tertentu, seperti kata, kelompok kata, dan kalimat.

Secara garis besar alat penanda transisi tersebut dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
- penanda hubungan kelanjutan, misalnya dan, lagi, serta, lagi pula, tambahan lagi;
- penanda hubungan urutan waktu, seperti dahulu, kini, sekarang, sebelum, setelah, sesudah, kemudian, sementara itu;
- penanda klimaks, seperti paling …, se-nya, ter-;
- penanda perbandingan, misalnya sama, seperti, ibarat, bagaikan, bak, laksana;
- penanda kontras, misalnya tetapi, biarpun, walaupun, sebaliknya, kendatipun;
- penanda urutan jarak, misalnya di sini, di sana, di situ, dekat, jauh, sebelah …;
- penanda ilustrasi, seperti umpama, contoh, misalnya;
- penada sebab-akibat/kausalitas, misalnya karena, sebab, oleh karena, akibatnya, karena itu, oleh karena itu;
- penanda kondisi, misalnya jika, jikalau, kalau, andaikata, seandainya;
- penanda kesimpulan, misalnya kesimpulan, ringkasnya, garis besarnya, rangkuman.



TUGAS
Membuat paragraf induktif dengan disisipi kalimat transisi



Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Semula, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Oleh karena itu, selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung. Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer. Dengan demikian, Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.


KALIMAT TRANSISI PADA PARAGRAF DI ATAS ;
1. Oleh karena itu, selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung

- Kata “oleh karena itu” merupakan penanda transisi yang tergolong dalam penanda sebab-akibat/kausalitas, contoh yang lainnya seperti; karena, sebab, oleh karena, akibatnya, karena itu.

2. Dengan demikian, Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

- Kata “Dengan demikian” merupakan penanda transisi yang tergolong dalam penanda kesimpulan, contoh yang lainnya seperti; kesimpulan, ringkasnya, garis besarnya, rangkuman.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

How to make money from betting on football - Work Tomake Money
If you're having problems finding a winning 1xbet app bet 출장마사지 online for หาเงินออนไลน์ the day of 사설토토 your choosing, then there are plenty mens titanium wedding bands of opportunities available right here.

Posting Komentar

Arsip Blog

Tempate Ngobrol


ShoutMix chat widget