Selasa, 03 Mei 2011

Tugas Kegiatan Bahasa Indonesia

Nama kegiatan : Seminar IP-TV "Turn on your television with networking"
Pembicara : Erry Rahmawan (senior service creation PT.Telkom)
Waktu dan Tempat : Sabtu 9 April 2011, Auditorium Kampus J 167

Pada seminar yang diadakan oleh BEM Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi membahas tentang IP-TV. IPTV adalah internet protocol televisi atau Broadband TV, dimana secara aman dapat mengirimkan siaran dengan kualitas yang baik atau video on demand dan konten audio melawati suatu jaringan pita lebar. IP/TV adalah suatu pengembangan baru dalam software komunikasi client-server yang mem-broadcast video yang berkualitas tinggi (setara real time full motion video secara simultan ) ke user window melalui jaringan data yang ada sekarang.


Berbagai macam kelebihan yang ditawarkan IPTV ketimbang TV kabel atau satelit, salah satunya kemampuan untuk merekam atau menghentikan gambar (pause) saat tayangan tersebut disiarkan. Bahkan, tayangan itu bisa diakses secara mobile tanpa harus berada di dalam rumah. Sebab, terdapat alat yang disebut set of box, yang berfungsi seperti decoder, sehingga melalui internet, tayangan itu dapat dinikmati dari jarak jauh. selain itu masih banyak kelebihannya yang dapat menyaingi tv kabel berbayar.

Ini merupakan langkah Telkom untuk merevitalisasi jaringan kabel yang ada di negara kita. IPTV tidak hanya bisa menampilkan siaran televisi pada umumnya, tetapi bisa juga untuk radio, audio, video, game, teks, bahkan sampai data kepada pelanggan melalui sebuah protokol internet. Hal-hal baru yang ditawarkan oleh IPTV adalah:
• Broadcast televisi dan video di atas akses Internet
• Content on demand, yang meliputi video, TV, musik
• Interaksi multimedia dengan kecepatan true broadband, yang meliputi layanan game, shopping, advertising, dan lain-lain
• Kualitas layanan (quality of service) dan kualitas pengalaman (quality of experience) bagi pelanggan yang terus terpelihara.

Dengan adanya IPTV ini, diharapkan perkembangan teknologi informasi di Indonesia semakin maju. Di seluruh dunia, penyedia layanan IPTV yang paling laris adalah PCCW (Hong Kong) yang mempunyai pelanggan lebih dari 850.000 orang. Selain itu, di Perancis juga ada France Telecom yang mempunyai sebanyak 800.000 pelanggan. Jumlah pelanggan TV berbayar di Indonesia sangatlah rendah. Hanya sekitar dua persen dari keseluruhan.

Karena itulah Telkom menilai potensi IPTV ini cukup besar, walaupun segmen yang coba dibidik mungkin lebih ditujukan ke segmen kelas atas. Bagi Telkom, IPTV adalah langkah pertama dalam penggelaran aplikasi multimedia dengan interaktivitas tinggi di atas jaringan true broadband. IPTV menawarkan pengalaman digital yang lebih interaktif, mudah, nyaman, dan lengkap bagi pelanggan Telkom Group.

Demikian laporan kegiatan yang saya ikuti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Tempate Ngobrol


ShoutMix chat widget